Halaman

Translate

Rabu, 31 Januari 2024

Surah An Nasr (Pertolongan) Tafsir Jalalain

 نحمده ونصلي على رسوله الكريم، أما بعد

Surah An - Nasr (Pertolongan)

3 ayat, diturunkan di Mina sewaktu Haji Wada, dikategorikan ke dalam surah Madaniyyah, surah ini yang terakhir kali diturunkan, turun sesudah surah At Taubah


بسم الله الرحمن الرحيم

Dengan Nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang


اذا جآء نصر الله والفتح

1 - (apabila telah datang pertolongan Allah اذا جاء نصر الله) kepada Nabi-Nya atas musuh-musuhnya (dan kemenangan والفتح) yakni kemenangan atas kota mekah.


ورايت الناس يدخلون في دين الله افواجا

2 - (dan kamu lihat manusia masuk agama Allah ورايت الناس يدخلون في دين الله) iaitu agama islam (dengan berbondong-bondong افواجا) atau secara berkelompok, yang pada sebelumnya hanya secara satu per satu. Hal tersebut terjadi sesudah kemenangan atas kota mekah, lalu orang-orang arab dari semua kawasan datang kepada Nabi sallallahu 'alaihi wasallam dalam keadaan taat untuk masuk islam.


فسبح بحمد ربك واستغفره انه كان توابا

3- (maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu فسبح بحمد ربك) artinya bertasbihlah seraya memuji-Nya (dan mohonlah ampun kepada-Nya,  Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat واستغفره انه كان توابا) sesungguhnya Nabi sallallahu 'alaihi wasallam sesudah surah ini diturunkan, beliau selalu memperbanyak bacaan : subhanallah wa bihamdihi, astagfirullaha wa atubu ilaihi, yang artinya : "Maha suci Allah dengan segala pujian-Nya, aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya". Dengan turunnya surah ini, dapat diketahuilah bahwa saat ajalnya(Nabi sallallahu 'alaihi wasallam) telah dekat. Peristiwa penaklukan kota mekah itu terjadi pada bulan Ramadan tahun delapan hijriah, dan beliau sallallahu 'alaihi wasallam wafat pada bulan Rabi'ul Awwal, tahun sepuluh hijriah.

صدق الله العظيم


سبحانك اللهم وبحمدك، اشهد ان لا اله الا انت، استغفرك واتوب اليك


Faqir lagi Haqir

Azmye bin Asli 'ufiya 'anhu

Alamat : Kampung Kadalakan, Jalan Banjar, 89008 Keningau, Sabah, Malaysia

Tiada ulasan: