Halaman

Translate

Ahad, 28 Januari 2024

Surah Al Falaq (Waktu Subuh) Tafsir Jalalain

نحمده ونصلي على رسوله الكريم، أما بعد

Surah Al Falaq (Waktu Subuh)


Makkiyyah atau Madaniyyah, 5 ayat turun sesudah surah Al Fil


Surah ini dan surah sesudahnya(surah An - Nas) diturunkan ketikan Lubaid seorang yahudi menyihir Nabi Sallallahu 'alaihi wasallam dengan menggunakan pintalan kain yang di dalamnya terdapat sebelas bundelan. Kemudian Allah memberitahukan kepada Nabi sallallahu 'alaihi wasallam tempat pintalan itu dan didatangkan di hadapannya. Lalu Nabi sallallahu 'alaihi wasallam diperintahkan supaya meminta perlindungan kepada Allah dengan membaca dua surah. Setiap kali Nabi sallallahu 'alaihi wasallam membacakan satu ayat dari dua surah itu terlepaslah satu ikatan, lalu merasakan keringanan pada tubuhnya ; sehingga semua ikatan pintalan sihir itu terlepas, dan beliau dapat berdiri tegak seakan-akan baru terlepas dari ikatan yang mengongkongnya.


بسم الله الرحمن الرحيم


Dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang


قل اعوذ برب الفلق

(Katakanlah : " aku berlindung kepada Tuhan yang Menguasai falaq) atau waktu subuh.


من شر ما خلق

(Dari kejahatan apa yang telah diciptakan-Nya) yaitu dari kejahatan makhluk hidup yang berakal dan yang tidak berakal ; serta dari kejahatan benda mati seperti racun dan lain sebagainya.


ومن شر غاسق اذا وقب

(Dan daripada kejahatan malam apabila telah gelap gulita) artinya dari kejahatan malam hari apabila telah gelap, dan dari kejahatan waktu purnama apabila telah terbenam.


ومن شر النفثٰت في العقد

(Dan daripada kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus) yaitu tukang-tukang sihir wanita yang menghembus sihirnya في العقد (pada buhul-buhul) yang dibuat pada pintalan, kemudian pintalan yang berbuhul itu ditiup dengan memakai mantera-mantera tanpa ludah. Az Zamakhsyari telah mengatakan, sebagaimana yang telah dilakukan oleh anak-anak perempuan Lubaid yang telah disebutkan di atas tadi.


ومن شر حاسد اذا حسد

(Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki) atau apabila ia menampakkan kedengkiannya, lalu berusaha atas kedengkian yang dipendamnya itu, sebagaimana yang telah dikerjakan oleh Lubaid si Yahudi tadi; dia termasuk orang-orang yang dengki terhadap Nabi sallallahu 'alaihi wasallam. Ketiga jenis kejahatan yang disebutkan sesudah lafaz ma khalaq, padahal semuanya itu telah terkandung di dalam maknanya ; hal ini tiada lain mengingat kejahatan yang ditimbulkan oleh ketiga perkara tersebut sangat parah.


سبحانك اللهم وبحمدك، اشهد ان لا اله الا انت، استغفرك واتوب اليك


Faqir lagi Haqir

Azmye bin Asli 'ufiya 'anhu waliwalidaihi

Alamat : Kampung Kadalakan, Jalan Banjar, 89008 Keningau, Sabah

Tiada ulasan: